Senin, 11 Februari 2019

Kritik Arsitektur Tribowl dan Pasar Ciracas

KRITIK DESKRIPTIF
Tri-Bowl Korea Selatan


DEPI MUSTIKA SARI
4TB03


21315703




DESKRIPSI SINGKAT :
Tri-bowl merupakan suatu gedung exhibition yang terletak di daerah Song Do di kota Incheon, Korea Selatan. Bangunan ini diresmikan pada Maret 2010. Dibangun oleh perusahaan iArc Architechs, bangunan ini menjadi salahsatu landmark terkenal di korea selatan & menjadi taman pusat di daerah Song Do. Bangunan tri-bowl ini memiliki luas lebih dari 2.869 m².



SISI VISUAL TRI-BOWL : 
Kesan yang ditampilkan oleh bangunan exhibition ini adalah kesan unik, karena bangunan ini berbentuk tiga buah mangkuk yang digabungkan menjadi satu berbeda dengan bangunan yang ada di sekitar. Bentuk bangunan ini melengkung dengan atap datar.
Fasad bangunan ini unik karena berwarna abu-abu dan juga memakai struktur shell dengan memakai beton ekspos pada bagian bawah cangkang. Terdapat kolam di sekitar bangunan ini menambah kesan bangunan tampak terapung. Akses dari jalan utama ke bangunan memakai jembatan panjang.





KESIMPULAN :
Secara keseluruhan menurut saya bangunan Ti-Bowl ini sangat unik & berbeda dengan bangunan yang ada di sekitarnya, terutama pada bagian penggunaan struktur bangunan, fasad bangunan dan kolam.
Tetapi pada banguan Tri-Bowl ini sepi pengunjung karena di daerah SongDo merupakan kota baru dan jumlah penduduk masih rendah. Dan bangunan ini tidak semua orang bisa masuk kedalam dan bangunan ini menjadi kurang dalam segi pemanfaatannya karena bangunan ini hanya bisa dilihat luar nya saja sehingga pengunjung turis atau orang local harus memiliki izin dahulu sebelum masuk ke dalam bangunan Tri-Bowl ini.
(Kritik ini ditulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis pada bulan April 2018)





PASAR CIRACAS JAKARTA TIMUR



DESKRIPSI SINGKAT :
Pasar Ciracas merupakan pasar tradisional yang berada di Ciracas, Jakarta Timur. Luas banguan pasar ini adalah 4.682 m². Pasar Ciracas berada di kawasan pabrik-pabrik dan dekat dengan jalan utama.






SISI VISUAL PASAR CIRACAS :  
Bentuk bangunan pasar Ciracas ini sama dengan pasar tradisional pada umumnya karena pasar Ciracas ini merupakan bagian dari pasar jaya.
Pasar Ciracas ini memiliki 2 tempat parkir yaitu di samping bangunan dan di depan bangunan. Pasar ini memiliki ramp sebagai akses keluar kendaraan & memiliki tangga untuk akses pejalan kaki.


KESIMPULAN :
Pasar Ciracas ini letaknya sudah strategis karena terhubung dengan jalan utama, akan tetapi pada area parkir di dekat tangga itu kendaraan-kendaraan yang parkir menghalangi akses keluar pasar & pengunjung yang ingin masuk ke pasar harus berhati-hati karena bersebrangan dengan motor yang ingin keluar pasar.


(Kritik ini ditulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis pada bulan November 2018)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar