Minggu, 08 November 2015

tugas isd depi mustika sari 1tb03 isd sebagai mkdu




Nama       : Depi Mustika Sari
Kelas         : 1TB03
NPM         : 21315703
Jurusan    : Teknik Arsitektur





I.          ISD (Ilmu Sosial Dasar) sebagai MKDU :

       Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar) yaitu ISD merupakan ilmu yang meneliti masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia dengan menggunakan fakta yang berasal dari berbagai bidang.
       
        ISD juga memiliki tujuan yaitu :
1. Agar mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial dan ikut serta dalam menyelesaikan masalah tersebut.
2. Agar dapat mengetahui bahwa adanya masalah-masalah yang berada di lingkungan masyarakat bersifat kompleks dan dapat mempelajarinya.
  
        Di dalam ISD ini juga terdapat 3 kelompok ilmu pengetahuan yaitu ilmu pengetahuan alam, sosial dan humaniora (budaya) yang ada di masyarakat :
        Yang pertama yaitu ilmu pengetahuan alam di dalam ilmu pengetahuan alam ini banyak hal yang dapat kita amati di alam semesta dan juga di dalam ilmu pengetahuan alam kita dapat mengelimpokannya menjadi berbagai aspek mulai dari biologi, fisika dan kimia. 
   1. Aspek biologi, aspek ini mempelajari tentang nilai kehidupan makhluk hidup (hewan, tumbuhan dan manusia), serta mempelajari bagaimana struktur organ-organ dalam dan bisa memprediksikan kondisi makhluk hidup melalui dalam organnya. 
   2. Fisika dapat mempelajari skala perbandingan yang banyak sekali cara dan metode di dalam proses menghitungnya.
   3. Dari aspek kimia kita mempelajari tentang molekul-molekul setiap komponen yang berasal dari makhluk hidup.

       Yang kedua yaitu ilmu pengetahuan sosial yaitu ilmu yang diperoleh dan di kaji dari aspek interaksi sesama manusia yang memiliki unsur dan nilai yang positive.
Ilmu pengetahuan sosial dapat di golongkan berdasarkan sejarah, geografi, ekonomi.
     1. Ilmu pengetahuan sosial berdasarkan sejarah mempelajari tentang siklus kehidupan manusia yang terjadi dimasa lampau tujuannya agar kita dapat mengetahui bagaimana pesatnya kemajuan di zaman modern ini dan kita dapat mengetahui pola fikir manusia zaman dahulu yang masih berkembang.
     2. Ilmu yang mempelajari tentang astronomi dan letak daerah yaitu geografi.
     3.  Sedangkan ekonomi adalah ilmu yang menggunakan metode perhitungan.
  
        Dan yang terakhir adalah ilmu pengetahuan budaya (humaniora) yaitu ilmu yang dapat dikaji berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di setiap suku.


Perbedaan antara ISD dengan IPS:

Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
    1.    Diberikan di perguruan tinggi
    1.    Di berikan di sekolah dasar dan lanjutan
    2.    Mata kuliah tunggal
    2.    Mata kuliah campuran
    3.    Berdasar kepada sikap dan  kepribadian
    3.    Berdasarkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual


     Tidak hanya memiliki perbedaan tetapi ISD dan IPS memiliki persamaan yaitu merupakan bahan studi untuk program pendidikan dan pengajaran, ISD dan IPS bukan patokan ilmu yang berdiri sendiri, ISD dan IPS juga memiliki materi yang terkaji oleh kenyataan sosial dan masalah sosial yang berada didalam ruang lingkup masyarakat.

      Ada 3 golongan bahan untuk pembelajaran ISD yang berdasarkan nilai-nilai yang berada di masyarakat yang memiliki berbagai golongan yaitu :
    1. Kenyataan sosial yang berada di dalam masyarakat yang menjadi faktor sosial utama.
    2. Konsep sosial tentang kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk menangani masalah dan menjadi salah satu faktor yang dibahas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar