Minggu, 01 Januari 2017

Review tentang "Green Architecture"

NAMA  : DEPI MUSTIKA SARI
KELAS    : 2TB03
NPM      : 21315703


Green architecrure adalah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya alam secara efisien dan optimal.

Dengan menggunakan prinsip-prinsip yaitu:
1.    Hemat energi / Conserving energy, yaitu berupa Pengoperasian bangunan yang harus meminimalkan penggunaan bahan bakar atau energi listrik ( sebisa mungkin memaksimalkan energi alam sekitar lokasi bangunan ).
2.    Memperhatikan kondisi iklim / Working with climate, yaitu arsitek mendesain suatu bangunan berdasarkan iklim yang berlaku di lokasi tapak yang ada.
3.     Tidak berdampak negatif bagi kesehatan dan kenyamanan penghuni bangunan tersebut / Respect for site, yaitu Bangunan yang akan dibangun diusahakan agar tidak merusak kondisi tapak aslinya, sehingga jika nanti bangunan itu sudah tidak terpakai, tapak aslinya masih ada dan tidak berubah.( tidak merusak lingkungan yang ada ).

4.    Merespon  keadaan tapak dari bangunan / Respect for user, yaitu dalam merancang bangunan harus memperhatikan semua pengguna bangunan dan memenuhi semua kebutuhannya.

Contoh penggunaan “Green Architecture”:
               1. GEDUNG PERPUSTAKAAN NASIONAL SINGAPURA
Bangunan ini adalah innovative 'green' (environmentally-responsive) tropical building dengan penerapan teknik bioclimatic design termasuk sistem passive rendah-energi, bangunan yang respon terhadap iklim dan konfigurasi bentuk, sistem fasad yang efektif serta penerapan landskap bioklimatik.


Bagian luar Perpustakaan Nasional Singapura

Bagian dalam 








2. HEARST TOWER
             Penggunaannya pad lantai atrium yang ditaburi dengan kapur panas konduktif & Pipa Polietilena yang tertanam di lantai yang diisi dengan sirkulasi air untuk pendingin di musim panas dan pemanas di musim dingin.

Bagian luar Hearts Tower

Bagian dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar