Senin, 09 Januari 2017

KOTA BERWAWASAN LINGKUNGAN

NAMA     : DEPI MUSTIKA SARI
KELAS    : 2TB03

NPM      : 21315703





   A. Definisi Kota Yang Berwawasan Lingkungan
Berdasarkan UU no. 23 tahun 1997, pembangunan berwawasan lingkungan di lakukan di segala bidang bukan hanya sesaat saja tapi dapat dikembangkan secara berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan ini harus memperhatikan kelestarian dan kesehatan lingkungan, baik di lingkungan perumahan, industri, pertanian, perkantoran, dan lainnya.
Pola pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan ialah konsep yang harus ditempuh melalui proses jangka panjang. Sebab kota merupakan arena kegiatan manusia yang serba kompleks melibatkan berbagai aspek ativitas. Baik aspek manusianya, sumber daya alam dan buatan manusia. Oleh karenanya, pembangunan perkotaan dampak lingkungan yang ditimbulkan merusak ekosistem perkotaan.





   B. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Kota Berwawasan Lingkungan
1.   Aspek Ekonomi : pembangunan harus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,
2.  Aspek Sosial : pembangunan di tingkat masyarakat harus memperhatikan kesehatan lingkungan dan masyarakat
3.  Aspek Lingkungan : pembangunan harus selalu memikirkan kelestarian lingkungan dan menjauhkan kerusakan lingkungan dan pencemaran.




   C. Ciri pembangunan berwawasan lingkungan :
1.   Pembangunan yang dilaksanakan mampu meminimalkan kerusakan dan pecemaran lingkungan.
2.  Pembangunan yang dilaksanakan memerhatikan antara lingkungan fisik dan lingkungan emosi.
3.  Pembangunan yang dilaksanakan mampu mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara efektif, efisien, dan bijaksana.
4.  Pembangunan yang dilaksanakan mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan serta memerhatikan moral atau nilai-nilai adat yang dianut dalam masyarakat.
5.  Pembangunan yang dilakukan harus memiliki sifat-sifat fundamental dan ideal serta berjangka pendek dan panjang.
6.  Pembangunan yang dilaksanakan mampu memerluas lapangan dan kesempatan kerja.
7.  Pembangunan yang dilaksanakan harus mampu melakukan pemerataan atau keseimbangan kesejahteraan rakyat.
8.  Pembangunan yang dilakukan harus mampu melakukan pemerataan atau keseimbangan kesejahteraan hidup antara golongan dan antardaerah.
9.  Pembangunan yang dilaksanakan dalam tingkat laju pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi.
10.Pembangunan yang dilakukan harus berpedoman untuk selalu mempertahankan stabilitas politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan nasional.




   D. Contoh Kota Yang Berwawasan Lingkungan

   Contoh kota yang saya pilih yaitu Calgary, Kanada, Kota ini merupakan kota industri minyak dan gas paling bersih di dunia

Tahun 2013, Huffington Post menyatakan keraguannya atas survei-survei yang menyebutkan bahwa Kota Calgary, Kanada adalah kota terbersih di dunia. Alasannya sederhana, kota ini adalah pusat industri minyak dan gas di Kanada. Media ini menuliskan bahwa kota industri di provinsi Alberta ini bertanggungjawab atas 22% emisi gas rumah kaca industri yang terjadi di Kanada tahun 2011.
Rupanya, sejak saat itu Calgary berbenah. Tahun-tahun selanjutnya, Calgary membuat langkah besar dalam hal sanitasi dan inisiatif lingkungan, yang tercermin dari sungai-sungai dan jalanan yang kian bersih. Denda seribu dollar siap menanti penduduk yang menjatuhkan puntung rokok atau membuang sampah dari jendela mobil. Peraturan ini berdampak positif untuk kota berpenduduk .
Yang terbaru pada tahun 2014, Mercer Global Financial merilis daftar 10 Kota Terbersih di Dunia, dan Calgary berada di puncak daftar. Diikuti Adelaide (Australia), Honolulu (AS), Minneapolis (AS) dan Kobe (Jepang). Studi Mercer tersebut didasari oleh 5 faktor kebersihan: ketersediaan dan kelayakan (minum) air, pembuangan limbah, kualitas sistem pembuangan, polusi udara, dan kemacetan lalu-lintas.
Kondisi lingkungan Calgary hari ini tidak lepas dari beberapa hal:
1.   Program ‘Too Good To Waste’ dari Provinsi Alberta, sebuah program yang bertujuan untuk mengurangi limbah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir.
2.  Pemerintah Provinsi Alberta juga fokus di bidang kesehatan dan kesejahteraan. Sebagai contoh, pajak pendapatan pribadi dan pajak warisan di Alberta merupakan yang paling rendah di Kanada, Seluruh penduduk di provinsi ini berhak atas asuransi kesehatan yang dibayarkan pemerintah sejak Januari 2009. Keuntungan lain, Alberta adalah satu-satunya provinsi yang tidak memungut pajak penjualan
3.  Selain itu juga ada Badan amal Green Calgary gencar mempromosikan ‘a greener lifestyle’ untuk penduduk. Organisasi yang sudah beroperasi sejak 1978 ini terus berupaya memberdayakan penduduk untuk menciptakan rumah yang sehat bagi masyarakat melalui pendidikan lingkungan, produk dan layanan.

Data tahun 2014 menunjukkan populasi di kota ini sebesar 1.195.194 jiwa dengan jumlah tempat tinggal sebanyak 478.223. Walikota Calgary saat ini, Naheed Kurban Nenshi adalah muslim pertama yang menjadi walikota di Kanada. Dia menjabat sejak 2010 dan terpilih kembali pada 2013.



    v Refrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar